ASMIRAH, ASMIRAH
(2020)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA CELEMEK MULTIGUNA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AR-RAHMAH MULYOREJO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri dapat mengakibatkan kendala bagi anak untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, karena bentuk merupakan unsur matematika, dan unsur kognitif visual yang dapat membedakan sebuah bentuk dari sekelilingnya. Di TK Islam Ar Rahmah Mulyorejo Surabaya ada 12 anak yang belum mampu mengenal bentuk geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri dengan media celemek multiguna. Metode penelitian dilakukan dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian anak usia 5-6 tahun terdiri dari 15 anak. Obyek penelitian ini adalahpeningkatan kemampuan kognitif anak. Tehnik pengumpulan melalui observasi Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna yang dicapai anak lebih meningkat bila dibandingkan dengan sebelumnya dimana perkembangan kognitif anak hanya 13,33% atau 2 anak saja, namun setelah dilakukan praktek penelitiantindakan kelas dengan menggunakan media celemek multiguna, pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 41,65% atau 6 anak, maka dari itu dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 86,37% atau 13 anak. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan menggunakan media celemek multiguna dalammengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan menggenal bentuk geometria dengan media yang menyenangkan dan menarik minat anak.
Actions (login required)
|
View Item |