ISRANDARI, IRNIE
(2020)
IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL BOI-BOIAN UNTUK MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI TK CORDOVA ISLAMIC SCHOOL SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Irnie Israndari 2020. “Implemantasi Permainan Tradisional Boi-Boian Untuk Mengembangkan
Pendidikan Karakter di TK Cordova Islamic School Surabaya”. Skripsi. Program Studi S1
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Muhammad Syaikhon, S.H.I, M.H.I,
Penelitian ini dilatar belakangi oleh uniknya metode pembelajaran yang digunakan oleh
para pendidik yang ada di TK Cordova Isalmic School Surabaya dalam mengembangkan
Pendidikan karakter Anak Usia Dini, yaitu dengan metode permainan tradisional boi-boian
dimana Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang lain belum menggunakan metode ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pendidik dalam
mengimplementasikan permainan tradisional boi-boian untuk mengembangkan pendidikan
karakter. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek
penelitian peserta didik, kepala sekolah, dan para pendidik. Sedangkan analisis menggunakan
kualitatif diskriptif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian Implementasi permainan tradisional boi-boian terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi. (a) perencanaan disusun sesuai dengan permendiknas yang meliputi
penyusunan program semester tahunan (PROTA), program semester (PROMES), program
rancangan perencanaan pembelajaran mingguan (RPPM), program rancangan perencanaan
pembelajaran harian (RPPH), (b) pelaksanaan dilakukan sesuai perencanaan yang meliputi
pembuka, inti, dan penutup, (c) evaluasi dilakukan dengan cara meliputi observasi, percakapan,
dan unjuk kerja.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi permainan tradisional boi-boian
untuk mengembangkan pendidikan karakter di TK Cordova Islamic School Surabaya dilakukan
melalui tiga perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dengan baik yang sangat menunjang karakter
dan perilaku.
Disarankan pendidik lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan metode dan media untuk
mengembangkan pendidikan karakter Anak Usia Dini.
Actions (login required)
|
View Item |