IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL BOI-BOIAN UNTUK MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI TK CORDOVA ISLAMIC SCHOOL SURABAYA

ISRANDARI, IRNIE (2020) IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL BOI-BOIAN UNTUK MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI TK CORDOVA ISLAMIC SCHOOL SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200052_abstract.pdf

Download (496kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26884.html

Abstract

Irnie Israndari 2020. “Implemantasi Permainan Tradisional Boi-Boian Untuk Mengembangkan Pendidikan Karakter di TK Cordova Islamic School Surabaya”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Pembimbing Muhammad Syaikhon, S.H.I, M.H.I, Penelitian ini dilatar belakangi oleh uniknya metode pembelajaran yang digunakan oleh para pendidik yang ada di TK Cordova Isalmic School Surabaya dalam mengembangkan Pendidikan karakter Anak Usia Dini, yaitu dengan metode permainan tradisional boi-boian dimana Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang lain belum menggunakan metode ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pendidik dalam mengimplementasikan permainan tradisional boi-boian untuk mengembangkan pendidikan karakter. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian peserta didik, kepala sekolah, dan para pendidik. Sedangkan analisis menggunakan kualitatif diskriptif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Implementasi permainan tradisional boi-boian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (a) perencanaan disusun sesuai dengan permendiknas yang meliputi penyusunan program semester tahunan (PROTA), program semester (PROMES), program rancangan perencanaan pembelajaran mingguan (RPPM), program rancangan perencanaan pembelajaran harian (RPPH), (b) pelaksanaan dilakukan sesuai perencanaan yang meliputi pembuka, inti, dan penutup, (c) evaluasi dilakukan dengan cara meliputi observasi, percakapan, dan unjuk kerja. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi permainan tradisional boi-boian untuk mengembangkan pendidikan karakter di TK Cordova Islamic School Surabaya dilakukan melalui tiga perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dengan baik yang sangat menunjang karakter dan perilaku. Disarankan pendidik lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan metode dan media untuk mengembangkan pendidikan karakter Anak Usia Dini.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaikhon, MuhammadNIDN0722128302muhammadsay87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Permainan tradisional Boi – Boian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mrs. . Aidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:38
Last Modified: 26 Jan 2022 04:38
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8349

Actions (login required)

View Item View Item