ROHANI, ROHANI
(2020)
MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN MENGELOMPOKKAN WARNA DENGAN MEDIA BALOK KELOMPOK A DI TK MARIYAM KEDUNGDORO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurang berkembangnya media pembelajaran anak dalam mengelompokkan benda berdasarkan warna, dalam kegiatan mengelompokkan warna selama ini menggunakan media gambar dipapan tulis dengan kapur dan benda nyata yang hanya dipegang guru tanpa anak memegang sendiri media tersebut. Seperti halnya yang terjadi di TK Mariyam Surabaya, dimana anak kelompok A kurang memahami konsep warna karena media pembelajaran yang digunakan tidak berkembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah kegiatan mengelompokkan warna dengan media balok dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak kelompok A di TK Mariyam Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil penelitian mendapatkan hasil meningkatnya perkembangan kognitif anak melalui kegiatan mengelompokkan warna dengan media balok, anak mendapatkan nilai rata-rata tertinggi pada siklus II yaitu 93,75% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik. Dan nilai rata-rata terendah pada siklus II yaitu 68,75 % dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa permainan mengelompokkan warna dengan media balok dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak kelompok A di TK Mariyam Surabaya. Disarankan untuk menggunakan media pembelajaran yang lebih bervariasi agar pemahaman anak terhadap warna lebih optimal.
Actions (login required)
|
View Item |