NIMAH, CHOIROTUN
(2020)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI GERAK DAN LAGU TRANSPORTASI PADA KELOMPOK A DI TK ISLAM GAYATRI RUNGKUT SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Ni’mah, Choirotun, 2020. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui
Gerak Dan Lagu Transportasi Pada Kelompok A Di TK Islam Gayatri
Rungkut Surabaya. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Nahdlatul Ulama Surabaya.
Perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia dini sama pentingnya
dengan aspek perkembangan yang lain. Anak usia TK pada umumnya sangat aktif,
mereka memiliki penguasaan terhadap tubuhnya dan sangat menyukai kegiatan
yang dilakukan sendiri. Oleh karena itu, orang tua atau guru perlu menyediakan
ruang dan waktu bagi anak untuk melakukan kegiatan yang dapat melatih otot kasar
anak serta menfasilitasinya.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar
anak usia dini kelompok A di TK Islam Gayatri Rungkut Surabaya. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua
siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subyek penelitian ini adalah
anak usia dini kelompok A. Alat pengumpulan data dengan observasi dan
dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mototrik kasar anak
usia dini kelompok A di TK Islam Gayatri Rungkut Surabaya pada prasiklus
memperoleh rata-rata persentase 45,31 %,. Pada siklus I meningkat menjadi
60,93%. Sedangkan pada siklus II kemampuannya mengalami peningkatan menjadi
85,15%.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa gerak dan lagu transportasi
dapat meningkatkan kemampuan mototik kasar anak usia dini kelompok A di TK
Islam Gayatri Rungkut Surabaya. Disarankan guru lebih kreatitif dan bervariasi
dalam kegiatan permainan untuk meningkatkan perkembangan motorik anak.
Actions (login required)
|
View Item |