FIFITRYANY, FIFITRYANY
(2020)
UPAYA MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA PANGGUNG BONEKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MATAHARI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah panggung boneka dapat meningkatkan sosial emosional anak usia 3-4 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya melalui langkah-langkah perencanaan , pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun kelompok B PPT Matahari Surabaya yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 14 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sosial Emosional yang dicapai anak didik usia 3-4 tahun di PPT Matahari Surabaya mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Kemampuan sosial Emosional anak mengalami peningkatan sebesar 32.8%. Pada siklus I sebesar 50.64% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83,44%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Panggung Boneka dapat meningkatkan Sosial Emosional pada anak usia 3-4 tahun di PPT Matahari kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya. Proses pembelajaran melalui metode bercerita dengan panggung boneka ini dinyatakan berhasil karena kemampuan sosial Emosional anak sudah sesuai harapan dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan secara umum
Actions (login required)
|
View Item |