RACHMAYANTI, IDA
(2020)
PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL BOY-BOYAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-ICHSAN KENJERAN KOTA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran tematik terintegrasi kurikulum 2013 (kurtilas) dengan menggunakan tema dan model permainan tradisional sebagai salah satu pembelajaran yang menyenangkan, aktif, efektif, dan bermakna bagi anak didik. Masih banyak anak didik yang beranggapan bahwa pembelajan di sekolah itu hanya belajar di dalam ruangan kelas yang kaku dan monoton sehingga anak didik sukar untuk memahami materi yang diajarkan oleh guru, yang menyebabkan hasil belajar rendah dan pembelajaran menjadi tidak efektif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model permainan tradisional boy-boyan dalam pembelajaran tematik terintegrasi terhadap hasil belajar tema “diriku”.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif mengenai masalah yang diteliti.Dari hasil penelitian diperoleh anak-anak mampu mengasah kemampuannya untuk membuat strategi di dalam bermain boy-boyan. Selain itu otot-otot kaki mereka menjadi lebih kuat karena sering di gunakan untuk berlari.Kesimpulannya adalah terdapat keefektifan model permainan tradisional boy-boyan dalam mengembangkan motorik kasar anak didik kelompok B di TK Al-Ichsan Kenjeran kota Surabaya. Saran peneliti agar supaya guru bisa terlibat secara langsung didalam kegiatan permainan tradisional boy-boyan dengan anak-anak serta memberi contoh terlebih dahulu sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan anak didik harus mengikuti aturan yang telah dijelaskan oleh guru.
Actions (login required)
|
View Item |