Kontekstualisasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Sirah Nabawiyah: Studi Hermeneutika Pada Pemikiran dan Metode Paul Ricoeur

Fitriyah, Fifi Khoirul and Djazilan, Muhammad Sukron (2020) Kontekstualisasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Sirah Nabawiyah: Studi Hermeneutika Pada Pemikiran dan Metode Paul Ricoeur. Journal of Islamic Civilization, 2 (2). pp. 80-89. ISSN 2657-1013

[img]
Preview
PDF
Kontekstualisasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Sirah Nabawiyah Studi Hermeneutika Pada Pemikiran dan Metode Paul Ricoeur.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review fifi khoirul fitriyah.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin fifi khoirul fitriyah.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://journal2.unusa.ac.id/index.php/JIC/article...

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengkontekstualisasi berbagai kisah inspiratif Nabi Muhammad yang terangkum dalam sirah nabawiyah. Penggalian kisah inpiratif akan lebih menekankan pada masa sebelum wahyu kenabian, sehingga dapat meminimalisir alasan ketidakmampuan umat manusia untuk menjadikan Muhammad sebagai role model dan sosok inspiratif. Kontekstualisasi pemikiran dalam sirah nabawiyah dilakukan dengan menggunakan pendekatan hermeneutika sebagai metode dalam tradisi pemikiran Paul Ricoeur. Hermeneutika dalam tradisi Paul Ricoeur berusaha melampaui tradisi penafsiran modern yang berupaya untuk mencari kesepahaman makna antara penafsir dengan penulis. Oleh karena itu, dimungkinkan untuk menghasilkan pemaknaan baru dari sirah nabawiyah yang diiringi dengan proses refleksi subjektif yang ditautkan pada masa yang menjadi latar kontekstual. Artikel ini menghasilkan kontekstualisasi dan pemaknaan baru terhadap kisah inspiratif Nabi Muhammad dalam sirah nabawiyah menjadi delapan belas nilai-nilai pendidikan karakter berlandaskan budaya bangsa. Nilai-nilai karakter tersebut akan disisipkan dalam setiap jenjang pendidikan nasional Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: hermeneutic, sirah nabawiyah, karakter, pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 16 Feb 2022 08:36
Last Modified: 16 Feb 2022 08:36
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8584

Actions (login required)

View Item View Item