Fitriyah, Fifi Khoirul and Afridah, Wiwik and Sari, Silvi Puspita and Wijaya, Satriya and Wikurendra, Edza Aria (2021) Peluang dan Tantangan Interprofessional Education Di Masa Pandemi Covid-19. Medical Technology and Public Health Journal, 5 (1). pp. 111-120. ISSN 2549-189X
|
PDF
Peluang dan Tantangan Interprofessional Education Di Masa Pandemi Covid-19.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review fifi khoirul fitriyah.pdf Download (971kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin fifi khoirul fitriyah.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
peer review satria wijaya.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin satria wijaya.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Profesional kesehatan dituntut siap menghadapi tantangan dibidang kesehatan (triple burden) yang disebabkan penyakit infeksi, penyakit degeneratif serta penyakit emerging seperti covid-19 yang saat ini menjadi pandemi. Akademisi kesehatan memiliki peran untuk memberikan pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa dengan kompetensi layanan berbasis tim. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi peluang dan tantangan Interprofessional education (IPE) dalam pengalaman praktik mahasiswa fakultas kesehatan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis secara deskriptif. Hasil pengukuran pengetahuan menunjukkan bahwa 73% responden memahami IPE, 94,6% responden memahami tentang bekerja sama dengan profesi lain melalui IPE. 97,0% responden memahami IPE untuk melatih kepercayaan diri calon tenaga kesehatan. 88,0% responden memahami IPE untuk memberikan pelayanan bersama dengan profesi yang berbeda. Sedangkan hasil pengukuran sikap didapatkan 92,8% responden setuju pemberlakuan IPE pada pembelajaran di Fakultas Kesehatan, memilih setuju bahwa calon tenaga kesehatan wajib belajar dan praktik langsung sebesar 98,8,0% dengan memperhatikan 4 faktor IPE (Etika, peran/ tanggung jawab, komunikasi interpersonal dan kerja tim, dan 98,8% responden setuju bahwa layanan kesehatan dapat diberikan dengan optimal jika mampu memahami dan menghargai kompetensi dari masing-masing profesi Kesehatan. Sementara hasil pengukuran terhadap keterampilan IPE didapatkan 97,0% responden setuju bahwa ketika belajar di laboratorium/lapangan harus menghargai pendapat teman yang berbeda, 98,8% responden setuju bahwa mahasiswa berusaha menjadi pendengar yang baik, dan 56,3% responden memilih tidak menunggu perintah, serta 83,8% responden menyatakan mampu menyelesaikan tugas dengan benar. Sedangkan hambatan yang dirasakan yaitu 46,7% sulit menggunakan kreativitas saat menjalankan tugas ketika harus bersama profesi lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interprofessional Education, Pengetahuan, Sikap, Keterampilan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 11:05 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 02:26 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8588 |
Actions (login required)
View Item |