Implementasi Media Pembelajaran Sains pada AUD terhadap Kreativitas Guru PAUD di TK Kreatif Cendekia Surabaya

Asmara, Berda (2021) Implementasi Media Pembelajaran Sains pada AUD terhadap Kreativitas Guru PAUD di TK Kreatif Cendekia Surabaya. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (1). pp. 50-59. ISSN 2599-0438

[img]
Preview
PDF
Implementasi Media Pembelajaran Sains pada AUD terhadap Kreativitas Guru PAUD di TK Kreatif Cendekia Surabaya.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review berda asmara.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin berda asmara.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagog...

Abstract

Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari guru kepada anak sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media pembelajaran sains pada AUD terhadap kreativitas Guru PAUD di TK Kreatif Cendekia Kota Surabaya. Secara khusus tujuan dari penelitian ini menghasilkan media pembelajaran sains berupa experimen (percobaan) yang cocok diberikan kepada Anak Usia Dini melalui kreativitas dan inovatif Guru Paud di TK Kreatif Cendekia Kota Surabaya. Adapun kegiatan penelitian ini diawali dengan observasi tentang kemampuan guru Paud di TK Kreatif Cendekia Kota Surabaya dalam menyampaikan materi dan media pembelajaran sains yang cocok diberikan kepada AUD dan dapat meningkatkan kreativitas sebagai pendidik/guru PAUD. Observasi akan dilakukan di TK Kreatif Cendekia Surabaya, kemudian dianalisis permasalahan dan kebutuhan yang diperlukan terhadap kreativitas guru PAUD dalam mengimplementasikan media pembelajaran sains untuk anak usia dini. Mengingat membuat media pembelajaran sains yang cocok untuk anak usia dini merupakan salah satu materi yang sangat penting guna meningkatkan kemampuan kognitif serta kreativitas anak usia dini, maka dilakukan upaya-upaya penyampaian materi semenarik mungkin. Hasil penelitian ini terbukti bahwa Kemampuan guru dalam meningkatkan kreativitas melalui media pembelajaran sains yang diberikan kepada anak didiknya dengan menggunakan metode eksperimen selama belajar daring (dalam jaringan) selain menjadikan anak mampu memecahkan permasalahan yang sesuai dengan aspek perkembangannya, dan menumbuhkan ide-ide baru dalam melakukan percobaan dari bahan alam serta belajar mengolah perasaan, kepekaan, intuisi dan imajinasinya serta bisa juga menambah semangat dan minat anak didik selama belajar dari rumah dengan sangat baik. Antusias dan semangat guru dalam meningkatkan kreativitas media pembelajaran sains memperoleh penilaian yang maksimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran sains, kreativitas, Guru PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:15
Last Modified: 07 Nov 2022 02:50
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8740

Actions (login required)

View Item View Item