Firdaus, Firdaus and Hardiningrum, Andini and Nurjanah, Siti (2021) Penurunan Kecemasan Pada Anak Sekolah Dengan Membaca Alquran Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Keperawatan, 13 (1). pp. 209-214. ISSN 2549-8118
|
PDF
Penurunan Kecemasan Pada Anak Sekolah Dengan Membaca Alquran Selama Pandemic Covid 19.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review andini hardiningrum.pdf Download (763kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin andini hardiningrum.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
peer review firdaus.pdf Download (704kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin firdaus.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pandemi Covid-19 telah menyebabkan semua fasilitas mati atau ditutup sementara, termasuk kegiatan belajar mengajar. Dampak negatif bagi anak sekolah saat kembali ke sekolah disibukkan dengan ketakutan, kecemasan dan kecanggungan adaptasi sosial dengan teman sebayanya. Selain itu, kecemasan akademik yang akan dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh membaca Alquran terhadap penurunan kecemasan pada anak sekolah saat terjadi pandemi COVID-19 di TPQ Baitul Karim. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian pra eksperimental untuk anak sekolah. Populasi penelitian ini adalah 103 anak sekolah dengan jumlah sampel 82 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan metode Rundom Sampling. Analisis lebih lanjut menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test. dengan signifikansi = 0,05. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah membaca Alquran, variabel terikatnya adalah penurunan kecemasan. Hasil pre intervensi menunjukkan bahwa sebagian besar dari 74 (90,2%) anak mengalami kecemasan. Sedangkan post intervensi menunjukkan bahwa hampir seluruh 78 (95,1) anak mengalami penurunan kecemasan. Hasil analisis Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh ρ = 0,000 dimana <α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh membaca Alquran terhadap penurunan kecemasan pada anak sekolah saat pandemi covid 19.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | alquran; khawatir |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics > RJ499-507 Mental disorders. Child psychiatry |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education |
Depositing User: | Mr. . Adit |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 08:54 |
Last Modified: | 10 May 2023 05:05 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8798 |
Actions (login required)
View Item |