Hardiningrum, Andini and Rihlah, Jauharotur (2020) Pelatihan Model Pembelajaran Sentra (Beyond Centre And Circle Time) Pada Bunda Dan Wali Murid Di PPT Teratai Gayungan Surabaya. Prosiding Semadif 2020 " Program Pengabdian Masyarakat, Menyalakan Nalar Bangsa", 1. pp. 224-227. ISSN 978-623-7578-93-2
|
PDF
Pelatihan Model Pembelajaran Sentra (Beyond Centre And Circle Time) Pada Bunda Dan Wali Murid Di PPT Teratai Gayungan Surabaya.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review andini hardiningrum.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin andini hardiningrum.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
peer review jauharotur rihlah.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin jauharotur rihlah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendekatan BCCT merupakan pendekatan yang sangat kompleks. Dibutuhkan guru yang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Karena dalam 1 kali pembelajaran guru harus menyediakan beberapa kegiatan dalam satu waktu tersebut. Di kota Surabaya khususnya tidak sampai 50 % PPT menggunakan pembelajaran sentra sebagai pilihan dalam proses pengajaran. Padahal kenyataan di lapangan banyak para orang tua yang mengeluhkan juga ketika anaknya kurang bersemangat saat sekolah karena selalu diajarkan menulis di buku, membaca, berhitung secara dekte tanpa memberikan kesempatan anak untuk bermain. Tujuan dari pelatihan yang dilakukan di PPT Teratai yang terletak di Jalan Menanggal VII/1 RW 03 Kelurahan Menanggal Kecamatan Gayungan adalah untuk menjadikan alternative pemecahan masalah kebosanan anak di sekolah dan juga mengenalkan lebih jauh bagaimana model pembelajaran sentra/BCCT ini diterapkan di sekolah yang sempit. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah dengan melakukan pemaparan materi secara online kemudian praktek dirumah peserta sendiri-sendiri dan dikirimkan melalui video. Hasil dari pelatihan tersebut ternyata menimbulkan semangat yang luar biasa dari bunda guru dan wali murid dalam menerapkan di sekolah karena melihat model pembelajaran bermain sambil belajar yang ada dalam BCCT ini. Mereka semua antusisas dan lebih termotivasi untuk menyemangati anak dalam proses belajar. Saran untuk pelatihan ini perlu dilakukan secara berkala dan diualng-ulang agar hasilnya lebih maksimal dan lebih banyak guru yang paham tentang metode BCC/sentra.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran sentra, pendidikan anak usia dini, bunda dan wali murid |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education |
Depositing User: | Mr. . Adit |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 02:23 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 08:33 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8801 |
Actions (login required)
View Item |