Pelatihan Five Continuum Language sebagai Dasar Pendidik dan Orang Tua dalam Memberikan Stimulasi Perkembangan Bahasa dan Perilaku Sosial Anak di Masa Pandemi Covid-19

Rihlah, Jauharotur and Hardiningrum, Andini and Shari, Destita (2022) Pelatihan Five Continuum Language sebagai Dasar Pendidik dan Orang Tua dalam Memberikan Stimulasi Perkembangan Bahasa dan Perilaku Sosial Anak di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Perguruan Tinggi Mengabdi, Menuju Desa Mandiri", 1 (1). pp. 1107-1113.

[img]
Preview
PDF
Pelatihan Five Continuum Language sebagai Dasar Pendidik dan Orang Tua dalam Memberikan Stimulasi Perkembangan Bahasa dan Perilaku Sosial Anak di Masa Pandemi Covid-19.PDF

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review andini hardiningrum.PDF

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review jauharotur rihlah.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin andini hardiningrum.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin jauharotur rihlah.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://conferences.unusa.ac.id/index.php/smpm/art...

Abstract

Komunikasi di dalam dunia pendidikan merupakan elemen tertinggi dan sangat penting kedudukannya, sehingga menjadi salah satu aspek terpenting dalam tolak ukur keberhasilan tujuan pendidikan itu sendiri. Stimulasi perkembangan sosial emosional akan optimal diberikan apabila adanya komunikasi yang baik, efektif dan bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan five language continuum sebagai stimulasi perkembangan sosial emosional anak sebagai tolak ukur keberhasilan komunikasi antara pendidik dan anak didik melalui penerapan five language continuum pada perkembangan sosial emosional anak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yakni pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan secara luring dengan subjek sasaran yakni Guru TK dan walimurid TK Khadijah Pandegiling Surabaya sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan data berupa kuesioner/angket. Tahapan kegiatan pelatihan meliputi mengisi kuesioner/angket, penjelasan materi five language continuum, microteaching penerapan five language continuum dikelas, pendampingan pendampingan pembuatan video pembelajaran penerapan five language continuum, evaluasi hasil kegiatan pelatihan. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan yaitu guru dan orang tua TK Khadijah Pandegiling Surabaya dapat lebih memahami bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil angket dan implementasi dari video pembelajaran penerapan five language continuum. Kesimpulannya yakni kegiatan pelatihan dan pendampingan penerapan five language continuum terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat kepada guru dan walimurid TK Khadijah Pandegiling Surabaya. Harapannya, kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan agar dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional dan berkomunikasi guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Five Language Continuum, Perkembangan Sosial Emosional, Komunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:36
Last Modified: 08 Sep 2022 08:29
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8804

Actions (login required)

View Item View Item