Gambaran Kecenderungan Kemampuan Kerjasama AUD di PPT Sekar Arum Jambangan Surabaya

Sumartik, . and Fitriyah, Fifi Khoirul and Muflihah, Tatik and Rihlah, Jauharotur (2020) Gambaran Kecenderungan Kemampuan Kerjasama AUD di PPT Sekar Arum Jambangan Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu 2020 "Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era Merdeka Belajar", 2.

[img]
Preview
PDF
Gambaran Kecenderungan Kemampuan Kerjasama AUD di PPT Sekar Arum Jambangan Surabaya.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review jauharotur rihlah.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin jauharotur rihlah.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://proceeding.semnaslp3m.unesa.ac.id/index.php...

Abstract

Kemampuan bekerjasama mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia adalah makhluk hidup yang selalu melakukan interaksi dengan sesama terlebih di era revolusi industry 4.0 dan 5.0, kemampuan kerjasama merupakan dasar dalam membangun hubungan kolaborasi. Stimulasi dari orang tua dan guru sangat dibutuhkan agar kemampuan kerjasama anak berkembang sesuai dengan tahapan pencapaian perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat sejauh mana kecenderungan kemampuan kerjasama anak usia 3-4 tahun di PPT Sekar Arum Jambangan Surabaya. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan kemampuan kerjasama anak Usia 3-4 Tahun di PPT Sekar Arum Jambangan Surabaya tertinggi pada Aspek kemampuan membantu teman yang kesulitan dalam mengerjakan tugas kelompok dengan rata-rata 96% dan terendah pada Aspek kemampuan menyelesaikan tugas yang telah dibagi dalam kelompoknya dengan rata-rata 85,55% sehingga Kecenderungan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Sekar Arum Jambangan mencapai rata-rata 89,26% (kriteria sangat tinggi). Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan kemampuan kerjasama anak usia 3-4 tahun terutama untuk meningkatkan aspek kemampuan menyelesaikan tugas yang telah dibagi dalam kelompoknya dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan kerjasama, deskriptif, anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:42
Last Modified: 08 Sep 2022 07:42
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8807

Actions (login required)

View Item View Item