Peningkatan Kompetensi Literasi Digital pada Virtual Leraning di Sekolah Dasar

Rihlah, Jauharotur and Rulyansah, Afib and Budiarti, Rizqi Putri Nourma and Authar, Nailul (2022) Peningkatan Kompetensi Literasi Digital pada Virtual Leraning di Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 3 (3). pp. 555-560. ISSN 2721-0669

[img]
Preview
PDF
Peningkatan Kompetensi Literasi Digital pada Virtual Leraning di Sekolah Dasar.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review nailul authar.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin nailul authar.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://www.ukinstitute.org/journals/ib/article/vi...

Abstract

Penggunaan media sosial atau aplikasi konferensi di smartphone atau laptop untuk pembelajaran online membuat siswa lebih nyaman dengan teknologi digital, atau beberapa siswa sudah terbiasa dengannya karena waktu mereka di SDN Rowokangkung 1 Kabupaten Lumajang, dan proyek pengabdian masyarakat yang berfokus pada literasi digital kemudian dilakukan untuk mengajari siswa cara memanfaatkan internet dengan aman, sehat, dan berpengetahuan. Kegiatan selama tiga bulan, dimulai dengan sosialisasi dan perijinan dan diakhiri dengan evaluasi. Siswa yang berpartisipasi dalam proyek layanan ini memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menggunakan internet dan teknologi elektronik seperti smartphone untuk kebaikan, serta bagaimana aman saat online dan menemukan situs web yang dapat dipercaya dengan konten yang sesuai dengan usia. 91 persen responden bersedia untuk bertanya, mengulang informasi yang mereka pelajari dari pendidik, dan mengulang isi yang mereka pelajari dari kegiatan, dan keefektifan kegiatan ditunjukkan dengan antusias partisipasi siswa. Aktivitas Siswa dapat menggunakan teknologi contohnya blog, media sosial, web, dan YouTube untuk menemukan materi, membaca, dan mendengarkan, dan mereka dapat melacak kemajuan setiap pembelajaran seperti yang diajarkan secara online.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Internet; Pendidikan daring; Literasi Digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of English Language Education
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:07
Last Modified: 21 Sep 2022 04:07
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8879

Actions (login required)

View Item View Item