EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE SIPENERANG TAHURA RADEN SOERJO MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN

UMAM, ASYROFIL and Susanto, Fajar Annas (2020) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE SIPENERANG TAHURA RADEN SOERJO MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN. National Conference for Ummah, 1 (1). ISSN 978-623-7846-95-6

[img]
Preview
PDF
EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE SIPENERANG TAHURA RADEN SOERJO MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review fajar annas susanto.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin fajar annas susanto.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/...

Abstract

Taman Hutan Raya Raden Soerjo (TAHURA R.Soerjo) mengeluarkan kebijakan kepada calon pendaki agar melakukan pemesanan secara online. Sejak november 2019 pihak Tahura Raden Soerjo mulai menerapkan website booking online selama satu bulan sebagai masa uji coba. Pada Desember 2019 sistem booking online pendakian Tahura Raden Soerjo telah diwajibkan. Namun sistem pendaftaran tersebut masih perlu dievaluasi terkait kepuasan layanan system. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan layanan website Sipenerang Tahura Raden Soerjo dengan menggunakan metode Delone and Mclean. Peneliti mengevaluasi kepuasan pendaki dengan menggunakan metode Delone and Mclean terdiri dari 6 variabel yaitu system quality, service quality, information quality, use, user satisfaction, dan net benefits. system quality memiliki 4 indikator, service quality memiliki 3 indikator, information quality memiliki 5 indikator, use memiliki 2 indikator, user satisfaction memiliki 2 indikator, dan net benefits memiliki 2 indikator. Masing-masing variabel dideskripsikan berdasarkan masing-masing indikator. Nilai variabel diperoleh dari nilai rata rata indikator yang dimiliki kemudian diuji terkait hubungannya. Hasil korelasi variabel yang memiliki signifikan yaitu hubungan antara information quality dengan use, information quality dengan user satisfaction, service quality dengan use, use dengan user satisfaction, user satisfaction dengan use, dan user satisfaction dengan net benefits. Hasil uji korelasi yang memiliki nilai korelasi tertinggi adalah hubungan service quality dengan use yaitu sebesar 0,317 atau signifikan pada level 0,002. Yang artinya hipotesis service quality dengan use memiliki hubungan dikarenakan website tahuraradensoerjo.or.id memberikan informasi yang bermanfaat dan memadai, dimana didalam website tahuraradensoerjo.or.id terdapat berbagai macam berita yang berisikan tentang informasi ter up to date seputar tahura raden soerjo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: TAHURA R. Soerjo, Booking Online, Delone and Mclean
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Technique > Program Study of Information Systems
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 29 Sep 2022 05:44
Last Modified: 21 Oct 2022 07:47
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8900

Actions (login required)

View Item View Item