RANCANG BANGUN APLIKASI LAYANAN KEPUASAN PASIEN di PUSKESMAS SUKODADI LAMONGAN BERBASIS WEBSITE

FARHANS, MUHAMMAD IZZUDIN and Susanto, Fajar Annas and Sulistiyani, Endang (2020) RANCANG BANGUN APLIKASI LAYANAN KEPUASAN PASIEN di PUSKESMAS SUKODADI LAMONGAN BERBASIS WEBSITE. National Conference for Ummah, 1 (1). ISSN 978-623-7846-95-6

[img]
Preview
PDF
RANCANG BANGUN APLIKASI LAYANAN KEPUASAN PASIEN di PUSKESMAS SUKODADI LAMONGAN BERBASIS WEBSITE.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review fajar annas susanto.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin fajar annas susanto.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/...

Abstract

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No 46 Tahun 2015 hal 14 bahwa puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal maka harus dikelola secara tepat, baik kinerja pelayanan, proses pelayanan, maupun sumber daya yang digunakan. Oleh karena itu upaya peningkatan mutu, manajemen risiko dan keselamatan pasien perlu diterapkan pada pengelolaan puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada masyarakat. Puskesmas sukodadi dalam pelayanan kepada masyarakat melakukan evaluasi kepuasan pasien secara rutin, salah satunya melalui evaluasi dari hasil saran atau nilai kepuasan yang di dapat dari kotak saran dan kotak kepuasan yang telah disediakan. Berdasarkan permasalahan yang ada di puskesmas sukodadi terkait kotak kepuasan pasien yang masih manual dapat dikembangkan dengan membuat rancang bangun sistem informasi kepuasan pasien berbasis website yang dapat melakukan penialian terhadap 5 poli. Sistem informasi kepuasan pasien berbasis website akan dibangun dengan menggunakan tools sublime text 3 dengan bahasa pemrograman PHP serta menggunakan framework Codeigniter (CI) dan dalam pengembangan sistem, peneliti menerapkan metode waterfall. Penelitian ini menghasilkan aplikasi layanan kepuasan pasien berbasis website yang terdiri dari 6 penilaian yang dapat mempermudah pasien dalam memberikan penilaian layanan kepuasan serta membantu petugas kotak kepuasan dalam menganalisa atau menghitung hasil penilaian secara cepat. Hasil dari pengujian aplikasi terhadap pengguna bahwa pengguna setuju dengan manfaat yang diperoleh dari aplikasi layanan kepuasan dan mudah sekali untuk digunakkan serta layout dan tampilan aplikasi layanan kepuasn di puskesmas sukodadi sudah sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Layanan Kepuasan, Puskesmas, Rancang Bangun, Sistem Informasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Technique > Program Study of Information Systems
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:22
Last Modified: 28 Mar 2023 07:06
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8901

Actions (login required)

View Item View Item