Efektifitas Self Management Terhadap Stres Dalam Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid – 19 Pada Mahasiswa

Purwanti, Nunik and Fitriasari, Andikawati (2022) Efektifitas Self Management Terhadap Stres Dalam Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid – 19 Pada Mahasiswa. Jurnal ILKES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 13 (1). pp. 48-62. ISSN 2549-9408

[img]
Preview
PDF
Efektifitas Self Management Terhadap Stres Dalam Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid – 19 Pada Mahasiswa.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review andikawati fitriasari.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin andikawati fitriasari.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review nunik purwanti.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin nunik purwanti.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://ilkeskh.org/index.php/ilkes/article/view/2...

Abstract

Penerapan Self management dalam menurunkan stress pada mahasiswa dalam menghadapi perubahan sistem pembelajaran yang semula secara tatap muka menjadi daring di masa pandemi belum dilakukan. Tujuan penelitian menganalisis efektivitas Self management terhadap penurunan stress dalam pembelajaran daring Era Pandemi Covid 19 pada Mahasiswa Keperawatan. Rancangan penelitian ini menggunakan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Semester 5. Teknik sampling yang di gunakan simple random sampling. Jumlah sampel yang di gunakan 60 mahasiswa. Variabel independen adalah Self management dan variabel dependen stress. Pengambilan data ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. tingkat stress diukur dengan menggunakan Depression Anxiety Stress Scale 42 (DASS 42). Analisis data dilakukan dengan Wilcoxon test dengan nilai kemaknaan α = 0,05. Hasil uji Wilcoxon Sign Rank test ρ= 0,001 (0,001 < 0,05) menunjukkan terdapat pengaruh Self management terhadap penurunan stress pada mahasiswa keperawatan. Secara umum penelitian ini membuktikan Self management efektif dalam menurunkan stress.

Item Type: Article
Additional Information: Pembelajaran daring; Self management, stress
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 11 Oct 2022 07:10
Last Modified: 28 Oct 2022 03:31
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/8944

Actions (login required)

View Item View Item