Analisis Pendidikan Karakter Melalui Living Values Education (LVE) Di Sekolah Dasar

Rahayu, Dewi Widiana and Taufiq, Mohammad (2020) Analisis Pendidikan Karakter Melalui Living Values Education (LVE) Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (7). pp. 1305-1312. ISSN 2722-9467

[img]
Preview
PDF
ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DI SEKOLAH DASAR.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review dewi widiana rahayu.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin dewi widiana rahayu.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter melalui living Values Education di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini didasari oleh paradigm konstuktivistik dengan seperangkat prosedur metodologis naturalistic (nyata/alami), dengan kriteria kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengambilan data. Teknik analisis data menggunakan model analissi Miles&Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter di SDN Kranggan 4 Kota Mojokerto selama masa pandemi terlihat dalam kegiatan-kegiatan belajar dari rumah melalui pemberian tugas-tugas kecakapan hidup misalnya menyiram tanaman, akti. Dengan demikian akan diperoleh suatu gambaran yang sistematis, aktual, akurat mengenai fakta-fakta tentang penguatan pendidikan karakter yang dikembangkan selama wabah COVID-19 dengan program School from Home. Peran orang tua dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter, kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan LVE, serta upaya guru dalam mengatasi kendala tersebut secara luas dan mendalam dan dilakukan kategorisasi dalam tema-tema untuk menemukan konsepsi tematik mengenai penguatan pendidikan karakter melalui LVE. Berdasarkan temuan yang berupa proposisi-proposisi yang selanjutnya dilakukan analisis pengembangan kerarah konseptual untuk mendapatkan abstraksi tentang penguatan pendidikan karakter melalui LVE di Sekolah Dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter & Living Values Education
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:09
Last Modified: 01 Dec 2022 05:39
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9007

Actions (login required)

View Item View Item