Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Di Sekolah Dasar Inklusi

Rahayu, Dewi Widiana and Akhwani, . (2021) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Di Sekolah Dasar Inklusi. JGK: Jurnal Guru Kita, 6 (1). pp. 107-111. ISSN 2549-1288

[img]
Preview
PDF
Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Di Sekolah Dasar Inklusi.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review dewi widiana rahayu.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin dewi widiana rahayu.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/ar...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai karakter pada siswa sekolah dasar inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis berupa studi kasus di salah satu sekolah dasar Inklusi di Gresik. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan karyawan sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Temuan penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penanaman karakter dibangun melalui keteladana kepala sekolah, keteladanan guru, dan pembiasaan yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. Kepala sekolah berperan memberi keteladanan, mengadakan evaluasi, penyelenggaraan kegiatan sekolah, serta komitmen dalam menjalankan tugas sebagai kepala sekolah. Guru pendamping maupun guru kelas berperan sebagai sebagai pengajar dan pendidik serta memberi keteladanan bagi siswa dan memiliki komitmen untuk membangun karakter positif siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter, Inklusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:08
Last Modified: 01 Dec 2022 05:52
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9010

Actions (login required)

View Item View Item