Analisis Komponen TPACK Guru SD sebagai Kerangka Kompetensi Guru Profesional di Abad 21

Akhwani, . and Rahayu, Dewi Widiana (2021) Analisis Komponen TPACK Guru SD sebagai Kerangka Kompetensi Guru Profesional di Abad 21. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5 (4). pp. 1918-1925. ISSN 2580-1147

[img]
Preview
PDF
Analisis Komponen TPACK Guru SD sebagai Kerangka Kompetensi Guru Profesional di Abad 21.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review dewi widiana rahayu.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin dewi widiana rahayu.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/...

Abstract

Abad 21 menuntut guru untuk adaptif terhadap tantangan dan kebutuhan zaman. TPACK merupakan salah satu jenis pengetahuan yang harus dikuasai guru di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponenkomponen TPACK guru SD. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah guru SD yang megikuti PPG SD dalam jabatan. Instrumen dikembangkan dari penelitian terdahulu yang memiliki validitas dan reliabilitas tinggi. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala likert. Analisis data menggunakan uji Analyze Descriptive Statistics. Hasil Penelitian menunjukkan nilai mean komponen TK sebesar 3,01, PK sebesar 3,00, CK sebesar 2,98, TCK sebesar 3,00, PCK sebesar 3,13, TPK sebesar 3,14 dan TPCK sebesar 2,94. Keseluruhan komponen berada pada kategori baik. TPCK memiliki nilai mean terendah diantara komponen lainnya. Kemampuan guru untuk mengintegrasikan keseluruhan komponen tidaklah mudah. Perlu ada kesimbangan antara aspek pengetahuan teknologi, pedagogi dan konten materi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: TPACK, Guru Profesional, Abad 21
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 07 Nov 2022 03:34
Last Modified: 01 Dec 2022 05:53
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9011

Actions (login required)

View Item View Item