Implementasi Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah (Aswaja) Pada Anak Usia Dini Di RA TAAM Adinda Desa Kepatihan Menganti Gresik

Syaikhon, Muhammad (2019) Implementasi Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah (Aswaja) Pada Anak Usia Dini Di RA TAAM Adinda Desa Kepatihan Menganti Gresik. Prosiding Internasional Lokakarya Internasional Dan Pelatihan Metodologi Penelitian Islam Nusantara Ke III. pp. 571-580. ISSN 978–623–90022–3–7

[img] PDF
Implementasi Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) pada Anak Usia Dini di RA TAAM Adinda Desa Kepatihan Menganti Gresik.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
peer review muhammad syaikhon.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin muhammad syaikhon.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: https://www.halaqoh.net/2019/12/prosiding-lokakary...

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Implementasi Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah (Aswaja) Pada Anak Usia Dini Di RA TAAM Adinda Desa Kepatihan Menganti Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi nilai-nilai aswaja pada anak usia dini di RA TAAM Adinda desa Kepatihan MEnganti Gresik serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. HAsil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi nilai-nilai aswaja di RA TAAMAdinda desa Kepatihan Menganti Gresik dilakukan melalui tiga tahapyaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan dalam proses implementasi nilai-nilai aswaja dimulai dengan memasukkan muatan nilai-nilai aswaja dalam kurikulum sekolah, kemudian dalam Program Tahunan (PROTA) dan Program Semester (PROMES), Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Program Pembelajaran HArian (RPPH). Untuk proses pelaksanaan implementasi nilai-nilai aswaja terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran, keteladanan, serta pembiasaan-pembiasaan. Sedangkan untuk penilaian dalam proses implementasi nilai-nilai aswaja terintegrasi dalam penilaian pembelajaran dan penilaian spontan yang dilakukan oleh pendidik. Dalam proses implementasi nilai-nilai aswaja di RA TAAM Adinda, terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung implementasi nilai-nilai aswaja yaitu adanya muatan nilai-nilai aswaja dalam kurikulum sekolah, kemudian ada motivasi dari sekolah untuk mutu keluaran yang berakhlak mulia, dan sarana beserta prasarana yang menunjang untuk penerapan nilai-nilai aswaja sudah memadai. Untuk faktor penghambat yaitu karakteristik anak yang berbeda-beda, faktor lingkungan peserta didik, pendanaan implementasi nilai-nilai aswaja yang masih dibebankan sepenuhnya ke pihak sekolah, peserta didik mudah tidak fokus, dan monitoring dari pusat jurikulum yang masih minim.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai-nilai Aswaja, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:16
Last Modified: 29 Aug 2023 03:09
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9049

Actions (login required)

View Item View Item