PENGENALAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENDUKUNG EDUKASI UNTUK SEKOLAH MENENGAH DI GRESIK

Sukaridhoto, Sritrusta and Rante, Hestiasari and Zainuddin, Muhammad Agus and Budiarti, Rizqi Putri Nourma (2020) PENGENALAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENDUKUNG EDUKASI UNTUK SEKOLAH MENENGAH DI GRESIK. Community Development Journal, 4 (1). pp. 107-113. ISSN 2580-5282

[img]
Preview
PDF
PENGENALAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENDUKUNG EDUKASI UNTUK SEKOLAH MENENGAH DI GRESIK.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review rizqi putri nourma budiarti.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin rizqi putri nourma budiarti.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CDJ/article...

Abstract

Dunia telah memasuki zaman Industry 4.0, dimana teknologi pendukungnya adalah Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Saat ini teknologi VR/AR sudah semakin berkembang pesat, sudah banyak peneliti dan industri yang mengembangkan aplikasi VR/AR. VR adalah teknologi komputer yang mampu memreplikasi lingkungan real maupun hayal dan mampu menstimulasi kondisi fisik pengguna sehingga mampu berinteraksi. Perangkat yang digunakan untuk dapat menggunakan teknologi VR ada berbagai macam, dari perangkat Head-Mounted-Display, perangkat masukan, perangkat lunak, konten, hingga perangkat gabungan. Pengetahuan tentang teknologi VR ini bias didapat dari Internet. Namun apakah teknologi ini sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, khususnya sekolah sebagai pendukung kegiatan edukasi? terutamanya oleh siswa menengah dalam membantu siswa untuk belajar dan mencari pengetahuan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, Kami mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul “Pengenalan Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality sebagai Pendukung Edukasi untuk Siswa Menengah di Gresik”. Dimana dalam kegiatan tersebut Kami menjelaskan cara kerja teknologi VR/AR, implementasi penggunaan teknologi VR/AR berserta contoh-contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk edukasi, dan penjelasan tentang aplikasi VR/AR yang tidak baik untuk siswa. Dari hasil pengamatan didapatkan bahwa 80% penggunaan teknologi VR/AR mudah dan berguna untuk edukasi, namun untuk implementasinya masih membutuhkan biaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: virtual reality, augmented reality, edukasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Technique > Program Study of Information Systems
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:42
Last Modified: 10 Jan 2023 02:42
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9148

Actions (login required)

View Item View Item