Studi Komparasi: Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring dan Luring di UPT SDN X Gresik

Wahyudi, Agus and Yulianti, Yulianti (2021) Studi Komparasi: Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring dan Luring di UPT SDN X Gresik. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5 (5). pp. 4292-4298. ISSN 2580-1147

[img] PDF
Studi Komparasi Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring dan Luring di UPT SDN X Gresik.pdf

Download (292kB)
[img] PDF
peer review agus wahyudi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
turnitin agus wahyudi.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view...

Abstract

Wabah covid-19 berdampak pada semua sektor kehidupan, terlebih pada dunia pendidikan. Sejak Maret 2020 sampai Februari 2021, terhitung sudah 11 bulan pandemi covid-19 masih melanda di Indonesia. Dampaknya, semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan daring. Konsep pembelajaran daring sebagai solusi dari pemerintah untuk mengatasi dampak yang terjadi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa pada saat pembelajaran daring dengan pembelajaran luring. Metode dalam penelitian adalah studi komparasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan penyebaran angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji Paired samples Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran luring. Nilai rata-rata motivasi beajar siswa pada pembelajaran daring sebesar 58.12 sedangkan nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada pembelajaran luring sebesar 63.24. Nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 yang lebih kecil dari nilai alpha 0.05 atau (sig)<0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pandemic covid-19, pembelajaran daring, pembelajaran luring, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:18
Last Modified: 17 Jan 2024 04:58
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9158

Actions (login required)

View Item View Item