Ibad, Mursyidul and Handayani, Dwi and Fasya, Abdul Hakim Zakkiy and Sufriyana, Herdiantara (2022) Efektivitas Pemberian Materi Ecological Analysis Untuk Kebutuhan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat: Perguruan Tinggi Mengabdi, Menuju Desa Mandiri, 1 (1). pp. 34-41. ISSN 2964-9145
|
PDF
Efektivitas Pemberian Materi Ecological Analysis Untuk Kebutuhan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa..pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
PDF
peer review abdul hakim zakkiy fasya.pdf Download (665kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin abdul hakim zakkiy fasya.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak, salah satunya pada bidang pendidikan. Sesuai hasil survey Persakmi menyebutkan bahwa yang sedang menempuh semester akhir terdampak adanya pandemi. Ketersediaan data sekunder juga masih menjadi kendala, karena tidak semua data tersebut dapat diakses dengan mudah. Metode ecological analysis menjadi salah satu alternatif pilihan dengan berbagai keunggulan Penelitian ini menggunakan metode observasional, dengan pengambilan waktu cross-sectional. Untuk melihat efektivitas menggunakan perbandingan skor pengetahuan pre dan post dari peserta yang terlibat. Variabel yang diteliti adalah skor pengetahuan (yang dilihat dari skor total dari pertanyaan yang diberikan) dan kelompok skor (yang dilihat berdasarkan sebelum dan setelah pemberian materi). Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat, didapatkan rata-rata skor pengetahuan peserta sebelum pemberian materi sebesar 55. Kemudian skor pengetahuan peserta setelah dilakukan pemberian materi sebesar 80. Hasil uji statistik juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian materi ecological analysis terhadap peningkatan skor pengetahuan peserta. Sedangkan untuk output publikasi karya ilmiah didapatkan dari semua peserta yang mendaftar telah memenuhi aspek publikasi ilmiah yang telah disyaratkan. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat, didapatkan rata-rata skor pengetahuan peserta sebelum pemberian materi sebesar 55. Kemudian skor pengetahuan peserta setelah dilakukan pemberian materi sebesar 80. Hasil uji statistik juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian materi ecological analysis terhadap peningkatan skor pengetahuan peserta. Sedangkan untuk output publikasi karya ilmiah didapatkan dari semua peserta yang mendaftar telah memenuhi aspek publikasi ilmiah yang telah disyaratkan. Perlu dilakukan pemberdayaan serupa dengan melibatkan peer educator maupun tenaga akademisi agar pelaksanaan penulisan karya ilmiah lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ecological analysis, publikasi ilmiah, karya ilmiah, pandemic, tugas akhir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Health > Program Study of Public Health |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:52 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 05:02 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9209 |
Actions (login required)
View Item |