Literature Review Implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) Dalam Menunjang Pemasaran Rumah Sakit

WACHDANIYAH, AYU RIZKI and Wijaya, Satriya and Fasya, Abdul Hakim Zakkiy (2020) Literature Review Implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) Dalam Menunjang Pemasaran Rumah Sakit. National Conference for Ummah, 1 (1). ISSN 978-623-7846-95-6

[img]
Preview
PDF
Literature Review Implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) Dalam Menunjang Pemasaran Rumah Sakit.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review abdul hakim zakkiy fasya.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin abdul hakim zakkiy fasya.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/...

Abstract

Komunikasi pemasaran merupakan sarana yang digunakan rumah sakit dalam upaya menginformasikan, dan mengingatkan konsumen secara langsung tentang keberadaan rumah sakit dan produk yang ditawarkan. Integrated Marketing Communication (IMC) berpotensi besar dalam mempengaruhi kinerja bisnis, untuk memberikan keunggulan kompetitif pada rumah sakit, untuk meningkatkan ekuitas merek, dan untuk memastikan efektivitas dan konsistensi komunikasi dengan memfalisitasi pencapaian komunikasi serta tujuan pemasaran. Literature review ini bertujuan untuk menganalisis implementasi elemen IMC dalam menunjang pemasaran rumah sakit. Metode yang digunakan dalam literature review ini adalah traditional literature review, dengan mengumpulkan artikel dari database google scholar, dan portal garuda. Artikel yang digunakan yaitu publikasi dari tahun 2010 sampai 2019. Artikel yang berhasil dikumpulkan setelah dilakukan tahapan screening dari kedua database yaitu sebanyak 11 artikel. Berdasarkan artikel yang dikumpulkan, didapatkan hasil bahwa kegiatan advertising, personal seling, public relation, direct marketing, dan word of mouth dapat menunjang kegiatan pemasaran rumah sakit. Sedangkan sales promotion tidak berpengaruh besar dalam kegiatan pemasaran rumah sakit. Advertising dan word of mouth merupakan elemen yang paling berpengaruh dalam upaya pemasaran rumah sakit. Pelaksanaan elemen IMC berpengaruh dalam kegiatan pemasaran rumah sakit. Namun dibutuhkan survei sasaran dan lingkungan, anggaran dana khusus, dan strategi yang matang, agar pesan dan informasi dapat tersampaikan dengan maksimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Integrated Marketing Communication (IMC), Pemasaran, Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Public Health
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:38
Last Modified: 16 Mar 2023 08:46
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9212

Actions (login required)

View Item View Item