WACHDANIYAH, AYU RIZKI and Wijaya, Satriya and Fasya, Abdul Hakim Zakkiy (2020) Literature Review Implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) Dalam Menunjang Pemasaran Rumah Sakit. National Conference for Ummah, 1 (1). ISSN 978-623-7846-95-6
|
PDF
Literature Review Implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) Dalam Menunjang Pemasaran Rumah Sakit.pdf Download (948kB) | Preview |
|
|
PDF
peer review abdul hakim zakkiy fasya.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin abdul hakim zakkiy fasya.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Komunikasi pemasaran merupakan sarana yang digunakan rumah sakit dalam upaya menginformasikan, dan mengingatkan konsumen secara langsung tentang keberadaan rumah sakit dan produk yang ditawarkan. Integrated Marketing Communication (IMC) berpotensi besar dalam mempengaruhi kinerja bisnis, untuk memberikan keunggulan kompetitif pada rumah sakit, untuk meningkatkan ekuitas merek, dan untuk memastikan efektivitas dan konsistensi komunikasi dengan memfalisitasi pencapaian komunikasi serta tujuan pemasaran. Literature review ini bertujuan untuk menganalisis implementasi elemen IMC dalam menunjang pemasaran rumah sakit. Metode yang digunakan dalam literature review ini adalah traditional literature review, dengan mengumpulkan artikel dari database google scholar, dan portal garuda. Artikel yang digunakan yaitu publikasi dari tahun 2010 sampai 2019. Artikel yang berhasil dikumpulkan setelah dilakukan tahapan screening dari kedua database yaitu sebanyak 11 artikel. Berdasarkan artikel yang dikumpulkan, didapatkan hasil bahwa kegiatan advertising, personal seling, public relation, direct marketing, dan word of mouth dapat menunjang kegiatan pemasaran rumah sakit. Sedangkan sales promotion tidak berpengaruh besar dalam kegiatan pemasaran rumah sakit. Advertising dan word of mouth merupakan elemen yang paling berpengaruh dalam upaya pemasaran rumah sakit. Pelaksanaan elemen IMC berpengaruh dalam kegiatan pemasaran rumah sakit. Namun dibutuhkan survei sasaran dan lingkungan, anggaran dana khusus, dan strategi yang matang, agar pesan dan informasi dapat tersampaikan dengan maksimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrated Marketing Communication (IMC), Pemasaran, Rumah Sakit |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Faculty of Health > Program Study of Public Health |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 07:38 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 08:46 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9212 |
Actions (login required)
View Item |