Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Tinggi melalui Multimedia Interaktif Program Pengabdian Masyarakat pada Konteks Sekolah Dasar

Rulyansah, Afib and Budiarti, Rizqi Putri Nourma and Mardhotillah, Rachma Rizqina and Basuki, Edi Pujo and Azzahra, Surnia Maulidah (2022) Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Tinggi melalui Multimedia Interaktif Program Pengabdian Masyarakat pada Konteks Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 3 (4). pp. 905-914. ISSN 2721-0669

[img]
Preview
PDF
Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Tinggi melalui Multimedia Interaktif Program Pengabdian Masyarakat pada Konteks Sekolah Dasar.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review edi pujo basuki.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin edi pujo basuki.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://ukinstitute.org/journals/ib/article/view/3...

Abstract

Siswa di Sekolah Dasar (SD) akan diuntungkan dengan pengembangan layanan ini karena akan melibatkan penggunaan multimedia sebagai alat bantu pengajaran. Menggunakan studi pengembangan Gall dan Borg, layanan ini menggunakan pendekatan R&D. Di SDN Ranuagung III, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, layanan ini ditawarkan kepada masyarakat. Pembelajaran (multimedia) terdiri dari buku siswa, buku guru, dan RPP. Model pendidikan terintegrasi dengan sejumlah perangkat (RPP) yang berbeda. Menggunakan multimedia dalam hubungannya dengan model pembelajaran berbasis inkuiri telah terbukti meningkatkan prestasi siswa dalam matematika dan sains. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji statistik yang dikenal dengan uji-t, dimana statistik thitung (9,98) lebih tinggi dari statistik tabel (2,00), menunjukkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi hanya tergabung dalam pembelajaran inkuiri. Tidak ada tanda-tanda peningkatan kepraktisan model yang ditunjukkan oleh 33,9 persen dari segi kepraktisan tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran berbasis inkuiri; membaca terburu-buru; keterampilan membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of English Language Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 16 Feb 2023 08:32
Last Modified: 16 Feb 2023 08:32
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9217

Actions (login required)

View Item View Item