Integrasi TPACK pada Pembelajaran Virtual Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar

Rulyansah, Afib and Budiarti, Rizqi Putri Nourma and Mardhotillah, Rachma Rizqina and Basuki, Edi Pujo and Wardhani, Rifka Putri (2022) Integrasi TPACK pada Pembelajaran Virtual Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 3 (4). pp. 897-904. ISSN 2721-0669

[img]
Preview
PDF
Integrasi TPACK pada Pembelajaran Virtual Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review edi pujo basuki.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin edi pujo basuki.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://ukinstitute.org/journals/ib/article/view/3...

Abstract

Dengan bantuan kursus ini, guru akan dapat membuat perangkat pembelajaran berorientasi TPACK untuk digunakan dalam kursus online. Selain itu, pelaksanaan program ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian guru SDN Jatiadi II, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo dalam hal inovasi pendidikan. Ada dua langkah yang terlibat dalam proses tersebut. Tahap pertama adalah tiga hari pelatihan online pada 19, 21, dan 22 Juli 2021, dilanjutkan dengan dua hari pendampingan pada semester berikutnya pada Oktober 2021. Ada 26 JP konten yang akan disampaikan, yang semuanya berkaitan dengan TPACK konsep pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran TPACK, dan penerapan model peer teaching yang baru. Kebutuhan materi program ini memerlukan koordinasi yang cepat dengan BKS, dan disepakati bahwa pelatihan akan dilakukan secara online. Karena menggabungkan model sinkron dan asinkron, program pelatihan ini akan terus efektif. Untuk masalah yang muncul di antara mitra, program ini terbukti menjadi solusi yang efektif. Pelatihan ini dapat membantu guru lebih memahami pembelajaran berorientasi TPACK. Guru yang kurang yakin dengan konsep dan implementasi pembelajaran TPACK kini lebih percaya diri dengan kemampuannya. Motivasi guru juga tinggi selama pelatihan. Adanya peningkatan pengetahuan dan kepercayaan diri guru mitra sebagai hasil dari program tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keterampilan; penyusunan strategi pembelajaran; TPACK; pengembangan keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of English Language Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:10
Last Modified: 17 Feb 2023 03:10
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9218

Actions (login required)

View Item View Item