Karya Inovasi Sebuah Program Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar

Rulyansah, Afib and Budiarti, Rizqi Putri Nourma and Mardhotillah, Rachma Rizqina and Basuki, Edi Pujo and Zahro, Choirun Nisa Afidatus (2022) Karya Inovasi Sebuah Program Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 3 (4). pp. 889-896. ISSN 2721-0669

[img]
Preview
PDF
Karya Inovasi Sebuah Program Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review edi pujo basuki.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin edi pujo basuki.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://ukinstitute.org/journals/ib/article/view/3...

Abstract

Karya-karya inovatif yang diterapkan secara kreatif dalam proses pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan profesi guru. Siswa hanya menerima tugas dari guru yang aktif belajar selama pandemi covid-19. Guru di sekolah dasar mengalami kesulitan dengan pengalaman belajar dan kurang menarik. Tujuan dari penyedia ini adalah untuk membantu guru sekolah dasar dalam membuat materi dan rencana pelajaran yang mutakhir. Perencanaan kegiatan melalui penggunaan metode Forum Group Discussion, penyebaran informasi, dan pemberian pendampingan. Guru SD Probolinggo adalah audiens yang dituju. Dengan menggunakan angket dan deviasi dasar untuk mengukur kemampuan guru, dapat dievaluasi hasil pendampingan guru SD terhadap kreasi karya baru. Menurut temuan penyelidikan, 41,10 persen pendidik mungkin terlibat dalam pekerjaan inovatif, 25,77 persen pendidik percaya bahwa mereka tidak terlibat dalam pekerjaan inovatif, dan 33,13 persen pendidik benar-benar terlibat dalam pekerjaan inovatif. Sebelum pendampingan, sebagian besar guru yaitu 47,85% cenderung memahami kompetensinya sendiri dalam kesiapan kerja teknologi, 23,31 persen tidak paham dan 28,83 persen paham. Kemampuan guru sekolah dasar untuk mengembangkan karya inovatif meningkat sebagai hasil dari pendampingan di bidang ini. Hasilnya, 69,84 persen guru mampu menciptakan karya inovatif, sementara 28,57 persen guru mungkin sudah melakukannya tetapi membutuhkan dukungan tambahan. Hanya 1,59 persen dari mereka yang mendaftar tidak dapat mengirimkan karya kreatif mereka untuk koleksi. Guru harus menjalani pelatihan ekstensif untuk menginspirasi siswa mereka untuk menciptakan karya seni baru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Inovasi; pendidikan; keyakinan akan kemampuan guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of English Language Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 17 Feb 2023 03:39
Last Modified: 17 Feb 2023 03:39
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9219

Actions (login required)

View Item View Item