Shodiq, M. and Maimunah, Siti (2022) Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar di Desa Bluru Kidul Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat: Perguruan Tinggi Mengabdi, Menuju Desa Mandiri, 1 (1). pp. 1005-1015. ISSN 2964-9145
|
PDF
Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar di Desa Bluru Kidul Sidoarjo.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
peer review m shodiq.pdf Download (818kB) | Preview |
|
|
PDF
turnitin m shodiq.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Menanamkan nilai-nilai Pancasila sangat tepat apabila diberikan kepada anak sejak Sekolah Dasar. Hal ini dimaksudkan agar setelah mereka dewasa akan terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Anak masih membutuhkan bimbingan dari orang tua dan orang-orang terdekat untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan bimbingan kepada anak dan pembelajaran tentang Pancasila dengan metode permainan menghafal Pancasila, menyanyikan lagu Garuda Pancasila, serta menebak gambar lambang pada burung garuda, kuis menebak gambar para pahlawan dan cara-cara lain yang menyenangkan bagi anak. Saya melihat bahwa di Desa Bluru Kidul sebagian anak Sekolah Dasar belum hafal Pancasila dan belum tahu cara menerapkannya, oleh sebab itu saya melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pendidikan di Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo, bagaimana menanamkan nilai-nilai Pancasila pada anak agar anak mengenal Pancasila sebagai ideologi negara dan sanggup menghafal Pancasila dan nantinya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-sehari.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menanamkan Nilai-nilai Pancasila, Anak Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Nursing |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 23 Mar 2023 06:03 |
Last Modified: | 02 Jun 2023 04:25 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9265 |
Actions (login required)
View Item |