MILLATI, FINA AMRU
(2022)
INTEGRASI VR (VIRTUAL REALITY) EDUKASI PADA ESOROGAN SEBAGAI PENUNJANG PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI UNUSA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna
untuk menavigasi dan mengontrol gerakan mereka di dunia nyata atau imajiner
yang terstimulasi. Untuk menjalankan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka
diperlukan suatu metode pengajaran yang interaktif, dapat dilakukan secara jarak
jauh, secara real-time dan juga multi pengguna. Berawal dari kondisi dan kebutuhan
tersebut beberapa tenaga pendidik pada Perguruan Tinggi mendapati kendala saat
melakukan pembelajaran daring khususnya dalam pelaksanaan praktikum klinik
pada bidang medis yang membutuhkan alat peraga sebagai pendukung utama. Pada
penelitian ini menggunakan tahapan metode dimulai dari skenario VR pasca APN,
persiapan asset 3D, development virtual reality (VR), development animasi,
integrasi esorogan, implementasi esorogan dan VR, pembuatan kuesioner, testing
VR pasca APN, analisis PIECES framework. Hasil penelitian telah berhasil
membangun sebuah platform untuk simulasi praktikum klinik mahasiswa
kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya yaitu VR Edukasi Pasca APN
yang bertujuan untuk meringankan biaya praktikum, dapat dilakukan dimana saja
dan secara real-time dengan memanfaatkan LMS Esorogan UNUSA. Pengujian
PIECES framework menunjukkan bahwa VR Edukasi Pasca APN mampu
memberikan kepuasan tertinggi pada variabel control and security dengan nilai
4,50 dan kepentingan tertinggi pada variabel efficiency dengan nilai 4,41.
Kesimpulan pada penelitian ini VR Edukasi Pasca APN membantu praktikum
klinik menjadi lebih interaktif dan kolaboratif.
Actions (login required)
|
View Item |