ASARI, MOCHAMMAD RYAS
(2022)
IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS ANDROID DALAM PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI ILMU PENGETAHUAN ALAM.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perkembangan dunia saat ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi telebih dalam bidang pendidikan selain
meningkatkan cangkupan pembelajarannya, tetapi juga memunculkan berbagai
macam platform yang dapat dijadikan media pembelajaran seperti Augmented
Reality , Mobile Augmented Reality , gamefikasi, dan mobile learning . Pada hasil
data PISA (2019) didapatkan informasi bahwa Indonesia mendapat hasil dibawah
rata-rata OECD (Organisation for Economic Co-opration Devlopment) dalam
literasi sains dimana Indonesia memperoleh poin sebesar 396 dimana peringkat
Indonesia dibawah negara Thailand dan Malaysia dalam hal literatur sain. Tujuan
penelitian ini membangun aplikasi edukasi Ilmu Pengetahuan Alam berteknologi
Augmneted Reality (AR) berbasis Android dan melakukan pengujian pada aplikasi.
Dalam melaksanakan penelitian metode yang digunakan ialah metodologi fishbone
yang terdiri dari : perumusan konsep, penyiapan bahan pendukung, pembuatan
desain, implementasi, penyempurnaan, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini ialah
sebuah aplikasi android dan hasil pengujian menunjukan bahwa aplikasi berjalan
normal pada uji Blackbox test sebesar 94.87% dan user memberikan respon puas
terhadap apliaksi pada uji User Acceptance Test (UAT) sebesar 88%.
Actions (login required)
|
View Item |