RASYID, AYIK AULIYAUR
(2021)
PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN: STUDI KASUS PADA IKADA MART SUMENEP.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Ikada mart adalah salah satu perusahaan dagang yang dapat menawarkan
berbagai jenis produk, dimana kegiatan utamanya membeli, menyimpan dan
menjual barang kembali tanpa memberi nilai tambah atau mengubah bentuk dan
tidak memproduksi barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
total quality management (tqm) terhadap kepuasan pelanggan studi kasus pada
ikada mart sumenep. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan ikada mart
sumenep. Dengan kriteria usia mulai dari 15 tahun sampai 40 tahun. Sampel dari
penelitian ini adalah 160 responden yang didapat dengan metode purposive
sampling, penyebaran kuesioner dilakukan secara langsung memberikan
kuesioner kepada pelanggan ikada mart sumenep. Teknik analisis data yang
digunakan adalah regresi linier berganda. Penelitian ini merupakan deskriptif
kuantitatif dengan data berupa angket atau kuisioner. Data yang sudah diperoleh
dari responden diolah dengan program aplikasi statistical package for the social
science (SPSS). Hasil penelitian ini terdapat pengaruh signifikan antara fokus
kepada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, kerjasama tim terhadap kepuasan
pelanggan. Hasil pengujian hipotesis uji parsial diketahui bahwa masing-masing
variabel fokus pada pelanggan, obsesi pada kualitas, kerjasama tim berpengaruh
positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan.Variabel fokus pada pelanggan
merupakan variabel yang mempunyai nilai standardized coefficients lebih besar
dari variabel lainnya artinya bahwa variabel fokus pada pelanggan mempunyai
pengaruh paling kuat terhadap kepuasan pelanggan.
Actions (login required)
|
View Item |