SALAMAH, UMI
(2021)
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERKUNJUNG KEMBALI: STUDI PADA WISATA RELIGI SUNAN AMPEL SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
minat kunjung kembali pada obyek wisata Religi Sunan Ampel Surabaya.
Penelitian ini berangkat dari masalah penelitian yang ada, yaitu bagaimana
meningkatkan minat kunjung kembali pada obyek wisata Religi Sunan Ampel
Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan cara menguji pengaruh Citra Wisata,
Mutu Wisata dan Nilai Pelanggan guna meningkatkan minat kunjung kembali
pada obyek wisata Religi Sunan Ampel Surabaya, dimana daya tarik wisata
digunakan sebagai variabel intervening. Populasi dari penelitian ini adalah
wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Religi sunan Ampel, dan yang
sudah pernah berkunjung sebanyak 2 kali. Dengan kriteria usia mulai dari 16
sampai 40 tahun di kalangan remaja sampai orang tua. Sampel dari penelitian
ini adalah 150 responden yang didapat dengan metode purposive sampling.
Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan path analysis dengan
software smartPLS. Hasil penelitian ini membuktikan 3 hipotesis diterima dan
1 hipotesis ditolak. 3 hipotesis yang diterima mencakup mutu wisata
berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik wisata, citra wisata
berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik wisata, dan nilai
pelanggan berpengaruh positif dan signifikan dengan minat kunjung kembali.
Hipotesis yang ditolak adalah daya tarik wisata berpengaruh negatif terhadap
minat kunjung kembali.
Actions (login required)
|
View Item |