Sholikhah, Inayatus
(2022)
NIAT PENGGUNAAN KEMBALI APLIKASI SHOPEE : SOCIAL MEDIA MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), CITRA MEREK, DAN KEPERCAYAAN.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perkembangan e-commerce di Indonesia saat ini semakin berkembang secara
pesat dan diprediksi akan semakin meningkat setiap tahunnya. Social media
marketing, electronic word of mouth, citra merek, dan kepercayaan menjadi salah
satu aspek penting dalam niat penggunaan kembali sebuah aplikasi e-commerce.
Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara social media marketing,
electronic word of mouth, citra merek, dan kepercayaan terhadap niat penggunaan
kembali e-commerce. Subjek pada penelitian ini adalah konsumen yang mengikuti
salah satu media sosial Shopee baik instagram atau twitter dan pernah membeli
produk pada aplikasi Shopee minimal 2x transaksi dalam 6 bulan terakhir dan
penelitian ini menggunakan teknik voluntary sampling. Metode pengumpulan
yang digunakan dengan cara menyebar kuesioner secara online melalui google
form dan dianalisis menggunakan software aplikasi SmartPLS 3.2 dengan metode
Partial least Square (PLS). Total responden pada penelitian ini sebanyak 208
orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap citra merek dan kepercayaan,
electronic word of mouth berpengaruh secara positif dan sigifikan terhadap citra
merek dan kepercayaan serta kepercayaan memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap niat penggunaan kembali. Sedangan citra merek memiliki
hasil positiftapi tidak signifikan terhadap niat penggunaan kembali.
Actions (login required)
|
View Item |