BILLAH, MUH. LUQMAN AL ARIEF
(2022)
ANALISIS DIFFUSION OF INNOVATION THEORY TERHADAP INTENTIONS TO USE: STUDI PADA LINKAJA DI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh relative
advantage terhadap intentions to use pada LinkAja; mengetahui pengaruh
compatibility terhadap intentions to use pada LinkAja; mengetahui pengaruh
complexity terhadap intentions to use pada LinkAja; mengetahui pengaruh
observability terhadap intentions to use pada LinkAja; mengetahui pengaruh trial
ability terhadap intentions to use pada LinkAja. Populasi penelitian terdiri dari
pengguna aplikasi LinkAja yang ada di Surabaya. Sampel penelitian terdiri dari 220
pengguna aplikasi LinkAja yang ada di Surabaya. Analisis data dilakukan dengan
analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Variabel
relative advantage tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap intention to use
pada Linkaja. Semakin tinggi keunggulan relatif pada Linkaja tidak mampu
memengaruhi niat untuk menggunakan; b) Variabel compatibility berpengaruh
positif signifikan terhadap intention to use pada Linkaja. Semakin baik
kompatibilitas yang diberikan kepada konsumen maka akan semakin tinggi pula
niat untuk menggunakan Linkaja; c) Variabel complexity berpengaruh positif
signifikan terhadap intention to use pada Linkaja. Semakin baik kompleksitas
inovasi yang dirasakan konsumen maka akan baik pula niat untuk menggunakan
Linkaja; d) Variabel observability berpengaruh positif signifikan terhadap intention
to use pada Linkaja. Semakin tinggi tingkat keterlihatan akan semakin meningkat
juga peluang untuk menumbuhkan niat menggunakan Linkaja; e) Variabel trial
ability berpengaruh positif signifikan terhadap intention to use pada Linkaja.
Semakin baik ketercobaan yang diberikan kepada konsumen maka akan baik pula
peluang untuk menggunakan Linkaja.
Actions (login required)
|
View Item |