JAMILAH, NADIYATUL
(2022)
PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP CUSTOMER EXPERIENCE DAN BEHAVIORAL INTENTION ONLINE TRAVEL AGENCIES DI SURABAYA (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Tiket.com).
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perkembangan internet di Indonesia menyebabkan potensi tumbuhnya
beragam platform digital di Indonesia. Munculnya beragam bisnis
konvensional yang melibatkan internet atau internet-based. Sebagai contoh,
bisnis seperti e-commerce, e-wallet, dan e-banking Adaptasi internet dalam
bisnis kini dapat diterapkan dalam bidang apapun dari kesehatan, keuangan,
perdagangan, termasuk dalam bidang traveling. Bisnis konvensional di
bidang traveling yang melibatkan internet biasa disebut sebagai Online
Travel Agencies (OTA). OTA di Indonesia menempati peringkat kedua
penjualan terbanyak setelah Thailand di tahun 2020. Tiket.com baru
diminati di tahun 2019-an dengan alasan lebih mudah penggunaannya.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk menguraikan Pengaruh Perceived
Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Customer Experience dan
Behavioral Intention pada Penggunaan OTA di Surabaya. Metode penelitian
dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan
sampling purposive sampling. Dengan variabel eksogen yakni Perceived
Usefulness dan Perceived Ease of Use sedangkan variabel endogen
Customer Experience dan Behavioral Intention Penyebaran kuesioner dibuat
secara online melalui google form yang disebar kepada 230 responden
dalam waktu satu minggu. Analisis pada penelitian ini menggunakan Partial
Least Square (PLS). Hasil penelitian sebagai berikut: terdapat pengaruh
Perceived Usefulness secara signifikan terhadap customer experience,
terdapat pengaruh Perceived Ease of Use secara signifikan terhadap
customer experience, terdapat pengaruh customer experience secara
signifikan terhadap Behavioral Intention, terdapat pengaruh Perceived
Usefulness secara signifikan terhadap Behavioral Intention, terdapat
pengaruh Perceived Ease of Use secara signifikan terhadap Behavioral
Intention.
Actions (login required)
|
View Item |