ROFIAH, AINUR
(2020)
UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI GERAK TARI KELINCI KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) SYAFINA KENJERAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan motorik kasar sangat penting bagi perkembangan anak usia dini. Perkembangan
motorik ini bisa dilakukan melalui gerak tari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan perkembangan motorik kasar anak melalui gerak tari kelinci Kelompok B di
TAMAN KANAK-KANAK (TK) Syafina Kenjeran Surabaya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif
yaitu bekerjasama dengan guru kelas dalam merencanakan, mengobservasi dan merefleksikan
tindakan yang dilakukan.
Hasil observasi pada pra siklus yaitu dari 16 anak, ada 1 anak yang memiliki predikat BSH
(Berkembang Sesuai Harapan) yang 15 anak memiliki predikat MB (Mulai Berkembang) dengan
rata-rata rekapitulasi observasi perkembangan motorik kasar sebesar 37%. Hasil observasi pada
siklus I, 7 anak memperoleh predikat BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan 9 anak masih
memperoleh predikat MB (Mulai Berkembang) dengan rata-rata rekapitulasi observasi
perkembangan motorik kasar anak sebesar 45,3%. Hasil pada siklus I rata-rata rekapitulasi
observasi perkembangan motorik kasar anak belum mencapai indikator keberhasilan yaitu
sebesar 80%. Maka dari itu dilakukan tindakan Siklus II. Pada Siklus II, semua anak mendapat
predikat BSB (Berkembang Sangat Baik). Rata-rata rekapitulasi observasi perkembangan motorik
kasar meningkat dari 45,3% menjadi 83%.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan perkembangan motorik kasar anak kelompok B TAMAN
KANAK-KANAK (TK) Syafina Kenjeran Surabaya meningkat melalui gerak Tari Kelinci. Saran
bagi guru TAMAN KANAK-KANAK (TK) Syafina Surabaya hendaknya membuat peraturan
terlebih dahulu mengenai pembelajaran daring dan sebaiknyaguru fokus, supaya anak tetap
ditempat dan tidak ricuh dan menerapkan gerak Tari Kelinci agar motorik kasar anak meningkat
serta melestarikan budaya tari.
Actions (login required)
|
View Item |