UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI GERAK TARI KELINCI KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) SYAFINA KENJERAN SURABAYA

ROFIAH, AINUR (2020) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI GERAK TARI KELINCI KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) SYAFINA KENJERAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200022_abstract.pdf

Download (609kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-26757.html

Abstract

Kemampuan motorik kasar sangat penting bagi perkembangan anak usia dini. Perkembangan motorik ini bisa dilakukan melalui gerak tari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan perkembangan motorik kasar anak melalui gerak tari kelinci Kelompok B di TAMAN KANAK-KANAK (TK) Syafina Kenjeran Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif yaitu bekerjasama dengan guru kelas dalam merencanakan, mengobservasi dan merefleksikan tindakan yang dilakukan. Hasil observasi pada pra siklus yaitu dari 16 anak, ada 1 anak yang memiliki predikat BSH (Berkembang Sesuai Harapan) yang 15 anak memiliki predikat MB (Mulai Berkembang) dengan rata-rata rekapitulasi observasi perkembangan motorik kasar sebesar 37%. Hasil observasi pada siklus I, 7 anak memperoleh predikat BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan 9 anak masih memperoleh predikat MB (Mulai Berkembang) dengan rata-rata rekapitulasi observasi perkembangan motorik kasar anak sebesar 45,3%. Hasil pada siklus I rata-rata rekapitulasi observasi perkembangan motorik kasar anak belum mencapai indikator keberhasilan yaitu sebesar 80%. Maka dari itu dilakukan tindakan Siklus II. Pada Siklus II, semua anak mendapat predikat BSB (Berkembang Sangat Baik). Rata-rata rekapitulasi observasi perkembangan motorik kasar meningkat dari 45,3% menjadi 83%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan perkembangan motorik kasar anak kelompok B TAMAN KANAK-KANAK (TK) Syafina Kenjeran Surabaya meningkat melalui gerak Tari Kelinci. Saran bagi guru TAMAN KANAK-KANAK (TK) Syafina Surabaya hendaknya membuat peraturan terlebih dahulu mengenai pembelajaran daring dan sebaiknyaguru fokus, supaya anak tetap ditempat dan tidak ricuh dan menerapkan gerak Tari Kelinci agar motorik kasar anak meningkat serta melestarikan budaya tari.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShodiq, M.NIDN0728106304sdqbluru@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Motorik Kasar, Gerak Tari Kelinci, Anak Kelompok B
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:56
Last Modified: 11 Apr 2023 03:56
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9508

Actions (login required)

View Item View Item