MARHAMAH, SITI
(2020)
PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SENI PADA ANAK USIA 5 SAMPAI 6 TAHUN MELALUI BERMAIN DRAMA SEDERHANA DI TK BAITUL ILMI PANJANG JIWO TENGGILIS MEJOYO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Masa usia dini adalah masa yang paling tepat untuk mengembangkan semua
potensi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk pengembangan otak anak
adalah melalui seni. Karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk estetik,
makhluk yang mempunyai perasaan dan kemampuan untuk menghayati
keindahan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya penerapkan metode
bermain peran untuk meningkatkan perkembangan seni pada anak usia 5-6 tahun
melalui bermain drama sederhana. Metode penelitian yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Selama penelitian berlangsung
tetap memperhatikan protokol kesehatan dikarenakan situasi Pandemi Covid 19.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator memilih peran yang disukai, anak
memahami dan mentaati peraturan bermain drama sederhana serta anak
memahami dialog drama yang dilaksanakan di TK Baitul Ilmi Surabaya pada
anak usia 5-6 tahun dengan rata-rata pencapaian indikator pada pra siklus 42,19%,
Siklus I Pertemuan I rata-rata 51,56%, Siklus I Pertemuan II rata-rata 71,88%,
Siklus II Pertemuan I rata-rata 75%, dan Siklus II Pertemuan II mencapai rata-rata
85,94% dengan kriteria berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa
melalui metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan seni anak usia
dini.
Actions (login required)
|
View Item |