PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ALAT TRANSPORTASI KERETA API DI KELOMPOK B TK ZAM-ZAM UNGGULAN BENDUL MERISI JAYA SURABAYA.

APRILIA, KAROMA (2020) PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ALAT TRANSPORTASI KERETA API DI KELOMPOK B TK ZAM-ZAM UNGGULAN BENDUL MERISI JAYA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200072_abstract.pdf

Download (802kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27267.html

Abstract

Media visual adalah sebuah media yang dapat dilihat untuk memberikan informasi melalui gambar baik berupa diam maupun bergerak sehingga membantu kognitif anak dengan baik. Media inilah yang sering digunakan oleh para guru untuk membantu menyampaikan isi atau materi pelajaran. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Visual Terhadap Kemampuan Kognitif dalam mengenal Alat Transportasi Kereta Api dengan Menggunakan Papan Pintar di Kelompok TK B pada Usia 4-5 Tahun. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian rubrik atau yang dikenal secara umum pretest dan posttest. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Eksperimental dengan jenis One Group Pretest Postest Design (Sugiyono, 2017:109-110). Jenis penelitian One Group Pretest Postest Design adalah jenis penelitian dengan memberi pretest dan postest untuk membandingkan sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Alat pengumpulan data dengan teknik observasi, pengamatan, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik rubrik. Hasil penelitian Hal ini ditunjukkan dari pretest dan post test nilai-nilai standar diviasi pretest 3.43 dan nilai-nilai standar diviasi post test 7.038 lebih besar dari pada (3.43 < 7.038), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih besar dari signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Melalui media visual yaitu media papan pintar di TK Kelompok B. Efektivitas pembelajaran kognitif anak melalui penggunaan media visual dapat dilihat dari peningkatan kemampuan kognitif anak baik dalam tingkat ketuntasan maupun nilai skor anak. Kesimpulan Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media visual terhadap kemampuan kognitif dalam mengenal alat transportasi kereta api di kelompok B TK Zam-zam Unggulan Bendul Merisi Jaya Surabaya. Hal ini ditunjukkan dari pretest dan post test nilai-nilai standar diviasi pretest 3.43 dan nilai-nilai standar diviasi post test 7.038 lebih besar dari pada (3.43 < 7.038), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih besar dari signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05).

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShari, DestitaNIDN0716129002destita@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Alat Transportasi Kereta Api, Media Visual yang gunakan adalah media amplop dan media papan pintar di TK Zamzam Unggulan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:44
Last Modified: 11 Apr 2023 07:44
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9513

Actions (login required)

View Item View Item