NOVIANA, DINDA RISKA
(2020)
IMPLEMENTASI METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK THORIQUL HUDA TANDES SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Metode proyek merupakan salah satu cara pemberian pengalaman belajar
yang efektif dengan menghadapkan anak pada persoalan sehari-hari yang harus
dipecahkan secara berkelompok. Kognitif adalah suatu proses berfikir, yaitu
kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan
suatu kejadian atau peristiwa. Sedangkan Geometri adalah membangun konsep
dimulai dengan mengidentifikasi bentuk-bentuk, menyelidiki bangunan dan
memisahkan gambar- gambar seperti segi empat, lingkaran, segitiga. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam
mengimplementasikan metode proyek terhadap kemampuan kognitif mengenal
bentuk geometri pada anak kelompok A di TK Thoriqul Huda Tandes Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan 4
orang guru di kelas A, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara,
dan dokumen analisis. Data dianalisis secara Kualitatif dengan menggunakan
cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa upaya guru dalam implementasi metode proyek terhadap
kemampuan kognitif mengenal bentuk geometri sangat efektif. Nilai Rata-rata
kemampuan kognitif anak mengenal bentuk geometri di TK Thoriqul Huda
Tandes Surabaya dalam kategori berkembang sangat baik sebanyak empat belas
anak dengan presentase 73,69%, dan berkembang sesuai harapan sebanyak lima
anak dengan presentase 26,31%.
Anak – anak mampu untuk mengklasifikasikan benda dengan berbagai
cara menurut ciri-ciri tertentu terutama berdasarkan bentuk geometri. Anak
mampu menyebutkan dan memahami dengan baik beberapa bentuk geometri
datar yaitu bentuk lingkaran, segitiga, dan kotak. Perkembangan kognitif anak
yang berkembang baik tersebut tidak terlepas dari metode proyek yang
diterapkan oleh guru di TK Thoriqul Huda Tandes Surabaya. Pendidik tidak
harus menekankan tingkat keberhasilan yang dilakukan anak, melainkan harus
melihat setiap kemampuan yang dimiliki anak, karena kemampuan anak
berbeda-beda.
Actions (login required)
|
View Item |