IMPLEMENTASI METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK THORIQUL HUDA TANDES SURABAYA

NOVIANA, DINDA RISKA (2020) IMPLEMENTASI METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK THORIQUL HUDA TANDES SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-200073_abstract.pdf

Download (672kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-27272.html

Abstract

Metode proyek merupakan salah satu cara pemberian pengalaman belajar yang efektif dengan menghadapkan anak pada persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok. Kognitif adalah suatu proses berfikir, yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Sedangkan Geometri adalah membangun konsep dimulai dengan mengidentifikasi bentuk-bentuk, menyelidiki bangunan dan memisahkan gambar- gambar seperti segi empat, lingkaran, segitiga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengimplementasikan metode proyek terhadap kemampuan kognitif mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A di TK Thoriqul Huda Tandes Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan 4 orang guru di kelas A, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis. Data dianalisis secara Kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam implementasi metode proyek terhadap kemampuan kognitif mengenal bentuk geometri sangat efektif. Nilai Rata-rata kemampuan kognitif anak mengenal bentuk geometri di TK Thoriqul Huda Tandes Surabaya dalam kategori berkembang sangat baik sebanyak empat belas anak dengan presentase 73,69%, dan berkembang sesuai harapan sebanyak lima anak dengan presentase 26,31%. Anak – anak mampu untuk mengklasifikasikan benda dengan berbagai cara menurut ciri-ciri tertentu terutama berdasarkan bentuk geometri. Anak mampu menyebutkan dan memahami dengan baik beberapa bentuk geometri datar yaitu bentuk lingkaran, segitiga, dan kotak. Perkembangan kognitif anak yang berkembang baik tersebut tidak terlepas dari metode proyek yang diterapkan oleh guru di TK Thoriqul Huda Tandes Surabaya. Pendidik tidak harus menekankan tingkat keberhasilan yang dilakukan anak, melainkan harus melihat setiap kemampuan yang dimiliki anak, karena kemampuan anak berbeda-beda.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHardiningrum, AndiniNIDN0703109202andinihardiningrum@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kognitif, Geometri, Metode Proyek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 11 Apr 2023 08:01
Last Modified: 11 Apr 2023 08:01
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9514

Actions (login required)

View Item View Item