GAMBARAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MENEMPEL BAHAN BEKAS TUTUP BOTOL PADA KELOMPOK B DI TK DWIKORA KREMBANGAN SURABAYA

NIAMAH, NIAMAH (2021) GAMBARAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MENEMPEL BAHAN BEKAS TUTUP BOTOL PADA KELOMPOK B DI TK DWIKORA KREMBANGAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210032_abstract.pdf

Download (534kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29100.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perkembangan keterampilan motorik halus anak dalam kegiatan main di Kelompok B TK Dwikora Krembangan Surabaya. Latar belakang mengambil penelitian ini karena adanya perkembangan keterampilan motorik halus anak dalam menempel menggunakan media bahan bekas belum sesuai dengan tujuan pencapaian perkembangan keterampilan motorik halus. Perkembangan motorik halus anak usia dini memegang suatu obyek dengan menggunakan jari-jari tangan.Pdada usia 4-5 tahun walaupun demikian anak seusia ini masih mengalami kesulitan dalam menempel sesuatu benda pada gambar.hal ini disebabkan oleh keinginan anak untuk menempelkan tutup botol pada sebuah gambar secara sempurna sehingga kadang-kadang untuk menempelkannya kurang sempurna. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif . Subjek penelitian adalah 14 anak Kelompok B TK Dwikora Krembangan Surabaya, sedangkan objek penelitiannya adalah perkembangan keterampilan motorik halus yang meliputi kemampuan pergerakan jari-jemari tangan, kemampuan pergerakan pergelangan tangan, dan kemampuan koordinasi mata dengan tangan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan panduan dokumentasi. dengan menggabungkan antara gambaran keadaan ketika observasi dan menghitung data yang berupa angka kemudian keduanya dideskripsikan. Perkembangan keterampilan motorik halus anak Kelompok B TK Dwikora Krembangan Surabaya,secara keseluruhan pada 3 kegiatan main yaitu menempel,membentuk dan mewarnai. Secara keseluruhan hasil penelitian dapat dilihat dari 14 anak diantaranya: 1) kategori MB (Mulai Berkembang) sebesar 4.1%; 2) kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sebesar 16.5%; dan 3) kategori BSB (Berkembang Sangat Baik) sebesar 75%. Perkembangan keterampilan motorik halus yang meliputi keterampilan pergerakan jari-jemari tangan, keterampilan pergerakan pergelangan tangan, dan keterampilan koordinasi mata dengan tangan, khususnya pada keterampilan koordinasi mata dengan tangan masih banyak dalam kategori MB (Mulai Berkembang).

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamariyah, NurulNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: perkembangan motorik halus, kegiatan main ,anak TK kelompok B
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:22
Last Modified: 12 Apr 2023 03:22
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9527

Actions (login required)

View Item View Item