PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE DONGENG PADA ANAK KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN Di PAUD SITI FATIMAH MAGERSARI SIDOARJO

YASINTA, LILA (2021) PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE DONGENG PADA ANAK KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN Di PAUD SITI FATIMAH MAGERSARI SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210033_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29101.html

Abstract

Pembelajaran daring pada masa pada pandemi Covid19 memberi dampak negatif pada hasil dari proses pembelajaran. Salah satunya adalah penurunan pada pendidikan karakter pada anak didik. Paud Siti Fatimah adalah salah satu lembaga pendidikan non-formal yang berada di Kelurahan Magersari Kabupaten Sidoarjo. Paud Siti Fatimah juga mengalami dampak negatif dari pembelajaran daring yaitu terjadi penurunan nilai karakter terhadap anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan pendidikan karakter anak usia dini melalui metode dongeng yang menggunakan media video dongeng. Subjek penelitian adalah anak didik Paud Siti Fatimah Magersari Sidoarjo yang berjumlah 15 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki dan dilakukan pada masa pandemi Covid 19. Teknik pengumpulan data berdasarkan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pencapaian belajar pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode dongeng yang menggunakan media video dongeng dapat meningkatkan nilai karakter dari 35% meningkat menjadi 83 %.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShari, DestitaNIDN0716129002destita@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Metode dongeng , media video dongeng
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:27
Last Modified: 12 Apr 2023 03:27
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9528

Actions (login required)

View Item View Item