PEMANFAATAN MEDIA KARTU GAMBAR FUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT CAHAYA ANAK NEGERI KECAMATAN PABEAN CANTIAN SURABAYA

CHUMSIYATUN, CHUMSIYATUN (2021) PEMANFAATAN MEDIA KARTU GAMBAR FUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT CAHAYA ANAK NEGERI KECAMATAN PABEAN CANTIAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-210038_abstract.pdf

Download (818kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-29114.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui pemanfaatan media kartu gambar fun. Penyebab anak belum mengenal huruf adalah strategi yang kurang tepat, kurang inovasi dalam menyampaikan materi dan kurangnya media yang menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini anak usia 3-4 tahun PPT. Cahaya Anak Negeri Kecamatan Pabean Cantian Surabaya dengan dengan jumlah 15 orang. Objek dalam penelitian ini yaitu kemampuan mengenal huruf. Teknik pengump ula n data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mengenal huruf dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan kartu gambar fun. Kemampuan mengenal huruf pada Pra Siklus mencapai persentase 33%, pada Siklus Pertama persentase menjadi 53%, dan persentase Siklus Kedua meningkat hingga 80%. Peningkatan dari Pra Siklus ke Siklus Pertama sebesar 20%, dan peningkatan dari Siklus Pertama ke Siklus Kedua sebesar 27%.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMariati, PanceNIDN0726038802pance_mariati@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengenal huruf, kartu gambar fun, anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:35
Last Modified: 12 Apr 2023 03:35
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9530

Actions (login required)

View Item View Item