YUNUS, ALYA ADELIA SAFRINA PUTRI
(2021)
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI NGAGEL I / 394 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksploratif.
Populasi dalam penelitian ini yaitu guru-guru SD Negeri Ngagel I/394 Surabaya yang
berjumlah 17 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket, serta
dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji prasyarat
analisis meliputi Uji normalitas data dan Uji linieritas regresi. Uji hipotesis meliputi uji
regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan Kepala
Sekolah dengan persentase 58,8% tergolong sedang (2) Hasil kinerja guru dengan
persentase 52,9% tergolong sedang (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara
Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru dengan nilai kolerasi sebesar
5,806>2,145. Simpulan dari penelitian ini adalah menyatakan ada pengaruh yang
signifikan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Ngagel
1/394 surabaya. Kepemimpinan kepala sekolah tergolong sedang merupakan
kepemimpinan kepala sekolah yang menunjukkan kepribadian yang jujur, percaya diri,
dan bertanggungjawab, berakhlak mulia dan memberikan kesempatan guru dalam
meningkatkan kualitas kerja guru. Kinerja guru tergolong sedang yaitu dapat
menyelesaikan administrasi dengan tepat waktu, mendidik dan membimbing murid.
Simpulan dari penelitian ini adalah menyatakan ada pengaruh yang signifikan
Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Ngagel 1/394
surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |