ANALISIS KEPUASAN PASIEN DARI ASPEK PROSEDUR PELAYANAN BPJS KESEHATAN TINGKAT LANJUTAN DI POLI PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA JEMURSARI

LIANTI, SITI NURJANAH SISKA and Hanik, Umi (2018) ANALISIS KEPUASAN PASIEN DARI ASPEK PROSEDUR PELAYANAN BPJS KESEHATAN TINGKAT LANJUTAN DI POLI PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA JEMURSARI. Medical Technology and Public Health Journal, 2 (1). pp. 93-99. ISSN 2549-189X

[img] PDF
ANALISIS KEPUASAN PASIEN DARI ASPEK PROSEDUR PELAYANAN BPJS KESEHATAN TINGKAT LANJUTAN DI POLI PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
peer review umi hanik.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
turnitin umi hanik.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://journal2.unusa.ac.id/index.php/MTPHJ/artic...

Abstract

Penyelenggaraan pelayanan kesehatan masih banyak dijumpai kekurangan, walaupun prosedur pelayanan sudah diberikan tetapi pada kenyataannya pelayanan di rumah sakit terhadap pasien BPJS Kesehatan belum sesuai dengan prosedur pelayanan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pasien dari aspek prosedur pelayanan BPJS Kesehatan tingkat lanjut di Poli Penyakit Dalam RS Islam Surabaya Jemursari. Desain penelitian ini menggunakan metode Analitik deskriptif. Popuasi dalam penelitian ini yaitu 93 pasien di Poli Penyakit Dalam RS Islam Surabaya Jemursari. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Data yang diperoleh dikumpulkan dari kuesioner, yang nantinya data akan diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 76 responden sebagian besar (55.3%) menyatakan puas terhadap prosedur BPJS Kesehatan tingkat lanjutan di Poli Penyakit Dalam RSIS Jemursari, sedangkan (44.7%) menyatakan tidak puas terhadap prosedur pelayanan BPJS Kesehatan. Dari hasil uji statistik diketahui bahwa prosedur pelayanan BPJS Kesehatan yang diberikan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien. Dari hasil penelitian diharapkan petugas kesehatan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pasien BPJS Kesehatan begitu juga pihak BPJS Kesehatan untuk menyederhanakan prosedur pelayanan yang telah ditetapkan. Serta diharapkan bagi masyarakat untuk meningkatkan kepercayaan kepada petugas kesehatan dan segera klarifikasi apabila ada informasi yang belum jelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Prosedur Pelayanan, BPJS
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Profession
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:44
Last Modified: 12 Jun 2023 06:44
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9550

Actions (login required)

View Item View Item