Putra, Riyan Sisiawan and Amalia, Rizki and Soleha, Umdatus and Khamida, Khamida and Hartatik, Sri and Sulistiyani, Endang and Khusnah, Hidayatul (2022) Hubungan pemenuhan capaian pembelajaran, peran dosen terhadap peningkatan hardskill dan softskill mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 8 (3). pp. 686-691. ISSN 2502-8103
PDF
Hubungan pemenuhan capaian pembelajaran, peran dosen terhadap peningkatan hardskill dan softskill mahasiswa.pdf Download (423kB) |
|
PDF
peer review rizki amalia.pdf Download (714kB) |
|
PDF
turnitin rizki amalia.pdf Download (1MB) |
|
PDF
peer review umdatus soleha.pdf Download (1MB) |
|
PDF
turnitin umdatus soleha.pdf Download (1MB) |
Abstract
Merdeka belajar merupakan tuntutan pada saat ini oleh sebab itu perlu di persiapkan perangkat dalam mendukungnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan capaian pembelajaran lulusan dan peran dari dosen itu sendiri dalam meningkatkan kemampuan Hardskill dan Softskill mahasiswa. Hardskill merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan sedangkan Softskill merupakan kepribadian, atribut personal, serta kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan. Metodelogi dalam penelitian ini menggunakan Diskriptif Kuantitatif dimana menganalisa dari hasil surve yang dilakukan, populasi dalam penelitian ini sebanyak 219 orang dan menjadikan 219 orang tersebut menjadi sampel. Hasil dari penelitian ini adalah CPL dan Peran Dosen sangat berperan penting dalam peningkatan Softskill dan Hardskill dari mahasiswa yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Capaian Pembelajaran Lulusan, Peran Dosen, Hardskill, Softskill |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Program Study of Management |
Depositing User: | Mr. . Aji |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 01:33 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 02:44 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/9567 |
Actions (login required)
View Item |