PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN ORANG TUA TENTANG SEKS BEBAS DALAM KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (STUDI DI WILAYAH KEPUTIH KOTA SURABAYA)

IKFIANI, AMANDA DIVA (2022) PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN ORANG TUA TENTANG SEKS BEBAS DALAM KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA (STUDI DI WILAYAH KEPUTIH KOTA SURABAYA). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-KM-220020_abstract.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-31745.html

Abstract

Adanya observasi peneliti mendapatkan informasi dari warga sekitar wilayah Keputih bahwa banyaknya remaja yang kabur dari rumah karena peran orang tua yang kurang memahami dan enggan untuk memberikan penjelasan masalah-masalah seksualitas dan reproduksi kepada remajanya, dan anak pun cenderung malu bertanya secara terbuka kepada orang tuanya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan peran pengetahuan sikap dan tindakan orang tua tentang seks bebas dalam kesehatan reproduksi remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif fenomenologi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif fenomenologi. Studi fenomenologi menjelaskan konsep dan makna mendasar dari suatu fenomena yang dialami seseoran. Pendekatan ini dapat memudahkan peneliti dalam mengeksplorasi makna utama dari peran perilaku orang tua mengenai seks bebas dalam kesehatan reproduksi pada remaja. Hasil wawancara yang telah dilakukan menunjukkan bahwa masih terdapat orang tua yang tidak mempunyai pengetahuan tentang seks bebas,sehingga membuat beberapa orang tua bersikap tidak kaget dan acuh dengan maraknya pergaulan bebas di masa ini dan terdapat beberapa tindakan yang di ambil oleh beberapa orang tua menyatakan bahwa acuh dan biasa saja ketika melihat anaknya pulang larut malam hingga berpacaran di usia yang belum waktunya dengan alasan cinta monyet. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kurangnya pengetahuan orang tua, sehingga membuat beberapa orang tua bersikap tidak kaget dengan maraknya pergaulan bebas di masa ini. Terdapat beberapa tindakan yang di ambil oleh beberapa orang tua menyatakan bahwa acuh dan biasa saja ketika melihat anaknya pulang larut malam hingga berpacaran di usia yang belum waktunya dengan alasan cinta monyet.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFasya, Abdul Hakim ZakkiyNIDN0704089301abdul.hakim@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Seks Bebas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Public Health
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:16
Last Modified: 17 Jan 2024 03:30
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10072

Actions (login required)

View Item View Item